Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adzan Jum'at kenapa dua kali?


 Tahukah kalian, sejarah adzan jumat dua kali?

Dua adzan yang dilaksanakan sebelum shalat jum'at pertama kali dilaksanakan pada zaman sahabat Utsman ra., karena pada saat itu semakin bertambahnya jumlah penduduk dan jarak pemukiman penduduk dengan masjid yang jauh serta aktifitas perdagangan yang semakin pesat, sehingga adzan yang semula satu kali (dikumandangkan saat imam di atas mimbar) menyebabkan banyak dari mereka ketinggalan shalat jum'at.

Dengan pertimbangan di atas, kemudian sahabat Utsman menambah adzan lagi di tempat lain yang tinggi (menara).

Disebutkan dalam kitab Fathul Mu'in:


ويسن أذانان لصبح واحد قبل الفجر، وآخر بعده، فإن اقتصر فالاولى بعده. واذانان للجمعة، أحدهما بعد صعود الخطيب المنبر والآخر الذي قبله إنما أحدثه عثمان رضی الله عنه لما كثر الناس، فاستحبابه عند الحاجة کان توقف حضورهم عليه، وإلا لكان الاقتصار على الاتباع أفضل.


Disunnahkan adzan dua kali untuk shalat shubuh, yakni sebelum fajar dan setelahnya. Dan jika hanya mengumandangkan satu kali, maka yang utama dilakukan setelah fajar. Dan sunnah adzan dua kali untuk shalat jum'at, Yang pertama setelah khatib naik ke mimbar dan yang ke dua sebelumnya. Hal ini merupakan hasil ijtihad sayidina Utsman ra. ketika kaum muslim semakin banyak. Maka disunnahkan karena keperluan hadirnya kaum muslim di shalat jumat. Maka dasar hukum di sini adalah ijma' para sahabat.

Posting Komentar untuk "Adzan Jum'at kenapa dua kali?"