Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan awal Muharrom


 بسم الله الرحمن الحــــــــيم

Amalan Awal Muharrom

إن من كتبها في أول يوم من المحرم مئة وثلاث عشرة مرة وحملها، لم ينله مكروه هو وأهل بيته مدة عمره ( الجواهر اللؤلؤة لمحمد بن عبد الله الجرداني الدمياطي)

Barangsiapa yang menulis (Bismillahirrohmanirrohim) pada hari pertama dari bulan Muharrom sebanyak seratus tiga belas kali kemudian membawanya, maka ia dan keluarganya tidak akan mendapatkan hal yang di benci seumur hidupnya

(Disebut kan dalam kitab jawahirul Lu'luiyyah karangan Muhammad bin Abdullah Al Jurdany Ad Dumyathy)


Menulis 113 Bismillah di Awal Muharram


Imam Muhammad Haqqiy an-Naziliy rahimahullah mencatatkan dalam kitabnya Khazinatul Asrar Jalilatul Adzkar halaman 92:


Siapa saja yang menulis بسم الله الرحمن الرحيم Sebanyak 113 kali pada tanggal 1 Muharram di kertas, maka dirinya dan keluarganya akan diberikan perlindungan dari segala musibah dan keburukan selama seumur hidup.


ADAPUN CARANYA : ▪Hendaknya menulis kalimah Bismillahir Rahmanir Rahim (tulisan arab) pada tanggal 1 Muharram

▪Dilakukan dalam keadaan berwudhu, ▪Menghadap qiblat, ▪Menutup aurat dan tidak berbicara ▪Niat lidaf'ul bala (tolak bala), Tahshin (benteng) dan jalbul manafi' (memperoleh manfaat) semata-mata bertabarruk dengan ayat al-Qur'an Bismillahir Rahmanir Rahim dan salah satu bulan yang dimuliakan yaitu bulan Muharram.


Panjangkan huruf Ba dan (perjelas) huruf Sin dengan giginya dan bulatkan huruf Mim dengan lubang ketika menulis بسم الله sebagai bentuk penghormatan kepada al-Qur'an.


Boleh dimulakan waktu penulisannya sejak adzan maghrib ketika sudah muncul hilal (bulan muda) hari pertama pergantian tahun tanggal 1 bulan Muharram dan berakhir ketika adzan besok malamnya.


Setelah menulis 113 bismillahir rahmanir rahim dianjurkan untuk membaca doa sesuai hajat yang diinginkan kemudian tulisan 113 bismillah tadi disimpan di dalam tempat yang layak .


Kenapa sebanyak 113 ada rahsia apa pada bilangan 113?


Jawabannya:

Sebab jumlah surat dalam al-Qur'an ada 114 surah dan surah-surah tersebut semuanya diawali dengan bismillahir rahmanir rahim kecuali satu surat saja yakni surat at-Taubah. Jadi yang diawali dengan bismillah hanya 113 surah.


Doa setelah menulis 113 Basmalah antara lain:


اللهمّ انّى اسألك بفضل بسم الله الرحمن الرحيم وبحقّ بسم الله الرحمن الرحيم وبهيبة بسم الله الرحمن الرحيم وبمنزلة بسم الله الرحمن الرحيم ارفع قدري ويسّرلى امري واشرح صدري يامن هو كهيــعص حمعسـق المّ المّص المر حـم الله لااله الاهو الحيّ القيّوم بسرّ الهيبة والقدرة وبسرّو الجبروت والعظمة اجعلنى من عبادك المتّقين واهل طاعتك المحـبّين وارزقنى علمانافعا ياربّ العالمين وصلّى الله على سيّدنامحمّد وعلى آله وصحبه وسلّم

Posting Komentar untuk "Amalan awal Muharrom"