Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa orang kafir di beri pahala atas kebaikannya?

 


Tahukah kalian, apakah orang kafir diberi pahala atas kebaikannya?


Imam Nawawi berkata, "Apakah seorang non muslim yang melakukan kebaikan seperti sedekah dan infaq, sebelum masuk islam bisa mendapatkan pahala? Menurut pendapat ulama ahli tahqiq bahkan menurut satu hikayat telah menjadi ijma bahwa orang kafir ketika melakukan kebaikan seperti sedekah dan sillaturahmi, kemudian masuk islam maka dia mendapatkan pahala."


Imam Ibnu Hajar berkata, "Kemungkinan pendapat di atas di kaitkan dengan keislamanya orang kafir tersebut. Apabila dia masuk islam maka dia mendapat pahala atas amal baiknya sebelum islam akan tetapi apabila tidak masuk islam maka dia tidak mendapat pahala."


Imam Romli ditanya, "Apakah orang kafir bisa mendapat pahala atas ibadah yang tidak membutuhkan niat seperti sedekah hadiah dan hibah?" Beliau menjawab, "Ya, Allah akan meringankan siksanya diakhirat nanti selain dari dosa kekafirannya. Sebagaimana keringanan siksa yang di terima abu lahab setiap hari senin karena dia merasa gembira dengan lahirnya baginda Rasulullah dan abu lahab memerdekakan hamba perempuannya yang bernama tsuwaibah sewaktu hamba perempuannya tersebut memberi kabar kepada abu lahab tentang kelahiran baginda Rasulullah."

Posting Komentar untuk "Apa orang kafir di beri pahala atas kebaikannya?"