Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dosa dilipat gandakan di bulan Ramadhan

 


Tahukah kalian, di bulan Ramadhan bukan hanya pahala kebaikan yang dilipatgandakan, tapi dosa kemaksiatan juga dilipatgandakan?


Hal ini berlaku bukan hanya pada siang hari saat berpuasa, tapi pada malam hari juga. Karena kemuliaannya berada pada bulannya, bukan siang atau malamnya. Dari Ummi Hani' radhiyallahu 'anha, yang diriwayat At-Thabrani dan lainnya,


فاتقوا شهر رمضان فإن الكشتاتي ضاعف فيه وكذلك السيئات


"Takutlah kalian terhadap bulan ramadhan. Karena pada bulan ini, kebaikan dilipatkan sebagaimana dosa juga dilipat-gandakan." HR. At-Thabrani dalam Al-Ausath 4983 dan As-Shaghir 698, dan Al-Haitsami dalam Majma' Az-Zawaid (3/190).


Ibnu Muflih dalam karyanya Adab As-Syar'iyah, beliau menyebutkan keterangan gurunya:


قال الشيخ تقي الدين : المقاصي في الأيام المعظمة والأمكنة المعظمة تقل مغيثها وعقابها بقذي فضيلة الزمان والمكان التقی گلامة وهو مفتی كلام ابن الجوزي وغيره


Syaikh Taqiyuddin mengatakan, Perbuatan maksiat yang dilakukan di hari-hari istimewa atau tempat istimewa. Nilai kemaksiatannya dan hukumannya, semakin parah setingkat dengan nilai keistimewaan waktu dan tempat tersebut. Demikian keterangan beliau, dan itu semakna dengan keterangan Ibnul Jauzi dan ulama lainnya.

Posting Komentar untuk "Dosa dilipat gandakan di bulan Ramadhan"