Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah kewajiban menghadap Kiblat saat shalat


 Tahukah kalian, hikmah kewajiban menghadap Kiblat saat shalat?


1. Ka'bah adalah benda yang dimuliakan oleh Allah terbukti dengan kewajiban muslim menghadapnya diwaktu shalat, memuliakannya berarti memuliakan Dzat yang menganggapnya mulia yaitu Allah Ta'alaa


2. Sebagai media pemersatu bagi kaum muslimin baik

tujuan, hati, barisan atau semboyan. Bayangkan bagaimana bentuk shalat manusia bila tidak terdapat kewajiban menghadap kiblat, sebagian shalat mengahadap disebelah kanan, kiri sebagian shalat didepan, dibelakang suatu benda yang tentunya kesemuanya akan menimbulkan ketidakselarasan, cerai berai, berbeda semboyan, tidak satu barisan. Dan kewajiban menghadap kiblat dapat mempersatukan hal ini, di bumi manapun, di masjid manapun seseorang menjalankan shalat semuanya dalam satu hati, satu barisan, satu semboyan "menghadap kiblat"


3. Agar selalu mengingat rukun islam yang kelima yaitu haji karena didalamnya terdapat faedah-faedah yang besar bagi yang mampu (haji adalah ibadah yang membutuhkan keikhlasan harta dan raga karena ibadah selainnya terkadang hanya membutuhkan raga seperti shalat atau harta seperti zakat)

Posting Komentar untuk "Hikmah kewajiban menghadap Kiblat saat shalat"