Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niat puasa Ramadhan sebulan penuh

 



Apa hukum niat puasa Ramadhan untuk sebulan penuh?


Niat puasa sebulan penuh pada malam awal puasa Ramadhan hukumya di sunnahkan. Sedangkan hukum niat untuk puasa tiap hari setelah hari pertama ulama berbeda pendapat (khilaf):


1. Menurut madzhab Syafi'iyah niat puasa untuk sebulan penuh tersebut cukup untuk puasa satu hari yang pertama, sehingga setiap hari puasa ramadhannya wajib di niati. Jika tidak di niati maka tidak sah puasanya sebulan tersebut kecuali puasa ramadhan hari pertamanya.

2. Sedangkan menurut Imam malik niat puasa ramadhan untuk sebulan penuh sudah mencukupi. sehingga untuk hari-hari berikutnya tidak wajib niat kembali. Artinya jika tidak niat pun sudah sah karena niatya sudah sebulan penuh pada malam hari pertama awal puasa ramadhan tersebut.

Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Kasyifatus Saja.


فلو نوي ليلة أول رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الاول ، لكن ينبغي له ذلك ليحصل له صوم اليوم الذي نسي النية فبه عند مالك كما يسن له أن ينوي اول اليوم الذي نسيها فيه ليحصل له صومه عند ابی حنیفة و واضح ان محله ان قلد و الا كان متلبسا بعبادة فاسدة في اعتقاده و هو حرام ( كاشفة السجا )۱۱۷

Posting Komentar untuk "Niat puasa Ramadhan sebulan penuh"