Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Kamu mengapa Sayyiduna Umar disebut Al Faruq


Tahukah kalian, mengapa Sayyiduna Umar disebut Al Faruq?

Al faruq berarti pembeda karena ia menunjukkan keislaman di Makkah. Dengan Islam itu, Umar mampu membedakan antara kafir dan iman. Rasulullah memberikan gelar al faruq karena Umar bin Khattab mampu membedakan yang benar dan yang batil. Al faruq juga berarti memisahkan.

"Allah telah menempatkan kebenaran di lisan dan hati Umar," sabda Rasulullah dalam riwayat Ahmad, "Dialah al faruq yang memisahkan yang haq dan yang batil."

Ketegasan Umar bin Khattab dalam banyak hal menunjukkan bahwa gelar pemberian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ini sangat tepat. Di saat orang lain ragu, Umar bin Khattab berani maju dan sering kali bahasa yang keluar dari lisannya ketika ada yang melecehkan Islam adalah “wahai Rasulullah, ijinkan aku tebas lehernya dengan pedang."

Ada pula makna lain dari al faruq sebagai penjaga Rasulullah dan pencerai berai barisan kaum kafir. Dalam banyak peperangan, Umar adalah tak terkalahkan. Ia melindungi Rasulullah dan melindungi Islam, hingga kelak dipilih menggantikan Abu Bakar sebagai kepala negara.

Ada banyak ragam makna al faruq; pembeda, yang memisahkan, penjaga. Yang kesemuanya memiliki benang merah bahwa ketika Umar bin Khattab telah masuk Islam, ia menjadi pembeda dan pemisah antara yang haq dan yang batil sekaligus menjaga yang haq dan melindunginya dari yang batil.

Posting Komentar untuk "Tahukah Kamu mengapa Sayyiduna Umar disebut Al Faruq"